Usaha Jamur Tiram Crispy, Contoh Proposal Usaha Jamur Tiram Crispy, Bisnis Jamur Tiram Crispy

Budidaya Jamur Tiram Artikel, Analisa Usaha Jamur Tiram Alat Budidaya Jamur Tiram, Budidaya Jamur Tiram Bagi Pemula, Budidaya Jamur Tiram Bogor, Foto Budidaya Jamur Tiram, Budidaya Jamur Tiram Lengkap, Cara Membuat Jamur Tiram Crispy Tahan Lama, Budidaya Jamur Tiram Sederhana, Resep Jamur Tiram Crispy Enak Renyah Dan Cara Membuatnya

Bisnis Jamur Tiram Crispy
Responsive Ads Here

Rabu, 03 Januari 2018

Jenis-Jenis Jamur Tiram Yang Dibudidayakan di Indonesia


Jenis-Jenis Jamur Tiram Yang Dibudidayakan di Indonesia - Berbicara mengenai jenis jamur, ada begitu banyak jenis jamur, namun tak semua dari keseluruhan jenis jamur tersebut dapat di konsumsi dan  berguna bagi tubuh kita. Seperti yang kita ketahui bahwa ada beragam jenis jamur yang bahkan menjadi racun dan sangat berbahaya bagi tubuh. 
Jamur tiram adalah salah satu dari jenis jamur yang sangat di gemari saat ini, selain rasanya yang lezat jamur tiram memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita. Tahukah kamu bahwa ternyata jamur tiram memiliki ragam jenis, yang biasa kita temui ialah jamur tiram yang berwarna putih namun pada dasar nya ada begitu banyak jenis warna dari jamur tiram, apa sajakah itu ? berikut jenis-jenis jamur tiram :

      1.      Jamur tiram putih
Jamur tiram putih atau pleuotus ostreatus. Jenis jamur tiram putih ini adalah jenis jamur tiram yang sangat populer dan di gemari di kalangan masyarakat dan juga jenis jamur tiram putih ini adalah jenis jamur yang sering di budi dayakan, bukan hanya itu jenis jamur tiram putih ini sering kali menjadi pilihan dalam peluang usaha yang sangat menjanjikan, sehingga taka sing lagi berbagai msyarakat terus melakukan inovasi dalam mengembangkan produktivitas jamur tiram putih ini baik berupa olahan makanan yang lezat maupun budi daya jamur tiram, mengapa menajdi pilihan usaha? Karena bukan hanya rasa nya yang lezat namun pada dasar nya proses pengolahan makanan nya juga tidak sulit, begitu juga dengan cara budi daya nya tidak ribet dan merogoh banyak kocek. 

Ciri-ciri jamur tiram putih ini ialah memiliki tiram atau tudung yang berwarna putih dan permukaan nya licin. Jenis jamur tiram putih ini sangat mudah di temui di berbagi pasar tradisional ataupun supermarket. Untuk yang mau memulai usaha budi daya jamur tiram putih ini sangat menjanjikan, dan bagi yang suka masak jamur tiram putih juga dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai peluang usaha anda.


       2.      Jamur tiram merah atau merah muda
Jamur tiram merah atau pleurotus flabellatus, jenis jamur tiram ini memiliki paras yang sangat cantik, jamur tiram merah memiliki tudung yang sangat tebal namun rumpun pertumbuhannya lebih sedikit di bandingkan dengan jamur tiram putih. Jamur tiram merah ini akan berubah warna apabila di masak, apa yang menjadi penyebab nya? 

Penyebabnya ialah efek panas, sehingga kebanyakan dari juru masak atau chef yang handal lebih memanfaatkan jamut tiram merah ini sebagai bahan penghias pada makanan dalam bentuk salad. Jamur tiram merah ini memiliki keindahan yang luar biasa terutama ketika usia nya yang masih muda. Jamur tiram merah ini tidak hanya memiliki keindahan semata melainkan ia juga memiliki khasiat yang luar biasa yaitu sebagai obat. Jamur tiram merah ini berperan penting sebagai obat dalam penyakit yang berhubungan dengan darah.

       3.      Jamur tiram kuning
Jamur tiram kuning atau pleurotus citrinipileatus merupakan jenis jamur tiram yang sangat cantik dari semua jenis jamur tiram. Sehingga akibat dari kecantikan nya ini kebanyakan orang sayang untuk memasak nya dan bahkan hanya di jadikan pajangan seperti hal nya bunga. Jamur tiram kuning memiliki tudung yang sangat lebar hingga mencapai 2,5 hingga 5 cm. 

Meskipun jamur tiram kuning ini sangat cantik namun apabila di masak jamur tiram kuning ini memiliki cita rasa seperti kacang yang sangat lezat. Jamur tiram kuning juga memiliki ekstrak anthiperpilidemia dan anktioksidan yang sangat berkhasiat dalam mencegah tumor. Bukan hanya itu jamur tiram kuning juga memiliki ekstrak yaitu ekstrak gilikoprotein yang berdosis 2,5 mg, membantu mengatai sel kanker leukemia dan juga dapat di gunakan sebagai pembangkit gairah laki-laki.

       4.      Jamur tiram abu-abu
Jamur tiram abu-abu atau pleurotus sayor caju, jenis jamur tiram abu-abu ini merupakan jenis jamur tiram yang sangat langka untuk di cari atu dapat di katakan masih sangat jarang. Hal tersebut terjadi karena pembudidayaan jamur tiram abu-abu ini masih sangat jarang. Jamur tiram abu-abu ini memiliki cita rasa yang  sedikit manis. Ciri-ciri dari jamur tiram abu-abu ini ialah tubuh nya memiliki warna abu-abu, dan diameter tudung nya 4 cm hingga 12 cm. 

Dan jenis jamur tiram abuabu ini memiliki perbedaan dengan jenis jamur tiram lainnya yaitu jumlah rumpun nya lebih sedikit dari pada jenis jamur tiram lain nya.

       5.      Jamur tiram coklat
Jamur tiram coklat atau pleurotus cytidiosus, ciri –ciri jamur tiram coklat ini tidak jauh berbeda dengan jenis jamur tiram lain nya. Jamur tiram coklat ini memiliki tudung berwarna abu-abu kecoklatan, diameter tudung nya berkisaran dari 4 cm hingga 10 cm. Cita rasa yang di hasilkan dari jamur tiram coklat ini sangat gurih. 

Jamur tiram coklat memiliki rumpun tudung yang lebih sedikit dari jenis jamur tiram putih, tetapi jamur tiram coklat ini memiliki tudung yang lebih tebal dari jamur tiram putih sehingga tudung tersebut sangat berpengaruh pada kekuatan pada saat penyimpanan.

Baca juga : Budidaya Jamur Tiram Bagi Pemula

      6.      Jamur tiram raja
Jamur tiram raja atau pleurotus sumbellatus jenis jamur tiram raja atau lebih di kenal jamur tiram king merupakan jenis jamur tiram yang paling tebal di antara jenis jamur tiram lain nya. Akibat ketebalan nya jamur tiram king ini memiliki daya penyimpanan yang paling kuat di antara jamur tiram lainnya. Jamur tiram king ini memiliki cirri khas kekenyalan dalam teksturnya.
       
       7.      Jamur tiram biru
Jenis jamur tiram biru ini belum begitu populer karena belum begitu banyak di budidayakan, namun bukan berarti jenis jamur tiram biru ini tidak bisa di budidayakan.


Dari tujuh jenis jamur tiram di atas adakah jenis jamur tiram yang menjadi favorit kamu ? dengan berbagai ciri khas serta bahkan keindahan yang luar biasa, jamur tiram ternyata masing-masing memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu karena jamur tiram juga adalah jenis jamur yang paling banyak di minati oleh kalangan masyarakat karena memiliki cita rasa yang sangat lezat, bahkan sebagian dari mereka sering di budi dayakan dan di jadikan peluang usaha, salah satu diantara nya ialah jenis jamur tiram putih. 

Jenis jamur tiram yang satu ini sangat populer banget, sehingga jarang dari kita yang tidak mengetahui. Olahan makanan nya pun sangat di gemari dari berbagai kalangan, olahan makan yang begitu populer dari jamur tiram putih ini ialah jamur tiram crispy, selain rasanya yang gurih dan lezat namun mengkonsumsi nya membuat kita ketagihan karena begitu lezat nya. 

Namun, selain untuk makanan jenis jamur tiram juga di manfaat kan sebagai bahan penghias karena memiliki keindahan yang luar biasa. 

Baca juga : 5 Jamur yang paling di sukai orang Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar